Pengertian dan Fungsi Website



Pengertian dan Fungsi Website – Sekarang ini sebenarnya sudah banyak yang menggunakan fasilitas internet. Di mana dalam jaringan internet tersebut terdapat beberapa informasi. Terkadang masih ada yang bingung dengan sebutan website atau situs web. Bagi seseorang yang tidak pernah menggunakan internet atau buta dengan dunia internet setidaknya perlu mengetahui sedikit penjelasan mengenai website. Website adalah kata lain dari situs web merupakan sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan berisikan informasi berupa teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan yang dibuat untuk personal, organinasi dan perusahaan.

Pengertian dan Fungsi Website

Menurut beberapa para ahli mengenai pengertian website atau situs web akan saya informasikan sedikit.

  • Menurut Hakim Lukmanul, 2004
Dijelaskan bahwa website disebut sebagai fasilitas internet, dimana mengkaitkan dokumen di lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen tersebut disebut dengan web page dan link website memungkingkan pengguna bisa berpindah page (hypertext), baik di antara page yang disimpan server yang sama maupun server di seluruh dunia. Browser yang digunakan untuk mengakses dan membaca page diantaranya Netscape Navigator, Google Navigator, Google Chrome, Internet Explore, Mozila Firefox, dan lain sebagainya. 

  • Menurut Yuhefizer, 1998 
Website merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyediakan informasi di internet, berupa gambar, teks, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

  • Menurut Gregorius, 2000
Website merupakan kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan file – file saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamankan hompage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman - halaman terkait yang berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

Fungsi atau Peran Penting dari Sebuah Website

Website memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna bagi masyarakat khususnya bagi pebisnis. Dalam situs web terdapat 2 jenis website yaitu statis dan dinamis. Berikut beberapa fungsi situs web yaitu:
  • Memberikan informasi
Biasanya jasa pembuatan website Tangerang akan memberikan konten yang berisikan tentang edukasi, tips, tutorial, berita, atau bahkan promo – promo dalam website. Tergantung dari tema website yang akan dibuat. Misalnya jasa pembuatan website membuat website perusahaan paper bag, tentunya konten yang sesuai pasti harus berhubungan dengan proses paper bag, fungsi, manfaat, dan lain – lain.

  • Sarana jual beli (Promosi)
Fungsi website jual beli disini masuk ke dalam jenis e-Commerce. Tujuannya untuk mempermudah transaksi pembelian dari customer kepada owner. Jenis website e-Commerce membutuhkan banyak sekali elemen yang harus di optimasikan seperti, proses transaksi yang mudah, tampilan yang aktraktif, penawaran menarik, dan desain mobile friendly.

  • Sebagai Blog
Blogger ini sering dikaitkan dengan tugas dari jasa SEO Tangerang. Dimana tugas dari SEO adalah menaikkan traffic website. Membuat sebanyak – banyaknya konten di dalam website utama maupun di dalam blog gratis untuk menyertakan backlink di dalamnya dengan keyword yang telah ditentukan. Penulisan dalam sebuah blog ini ada 2 macam, yaitu copy writing dan content writing.


Unsur – Unsur dalam Website

Ada 3 unsur yang harus ada dalam sebuah website. Jika tidak terdapat unsur ini maka website tidak akan bisa di akses oleh pengguna internet. Apa saja unsur tersebut, berikut penjelasannya.

1. Domain


Domain merupakan merk atau alamat dari website. Biasanya untuk perusahaan dibuat sesuai dengan brand perusahaanya. Domain ini ada banyak jenisnya. Pembuatan domain pun ada prosedurnya. Umumnya yang sering digunakan adalah .com dan .co.id, penggunaan .com biasanya digunakan secara universal semua negara bisa mengunakan domain ini. Sedangan .co.id hanya untuk negara Indonesia.

2. Hosting


Hosting adalah penyewaan tempat atau rumah untuk menampung data – data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat di akses lewat internet. Data tersebut dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

3. Konten


Adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Adanya konten dalam sebuah website artinya website tesebut memiliki tujuan. Ini yang dilakukan oleh jasa SEO Tangerang.

Nah, sedikit informasi yang saya jelaskan diatas semoga bisa membantu kalian untuk memahami apa itu website atau situs web. Fungsi dari website itu sendiri apa dan unsur penting yang harus ada dalam sebuah website.

Comments